PENEMUAN GRAFENA YG 10 KALI LEBIH KUAT DARI BAJA

Telah di temukannya sebuah material baru yang 10 kali lebih kuat dari baja.
grafena dalam bentuk spons memiliki daya tahan yg lebih lama,irpan-Tutorial/MIT.
 Hasil gambar untuk GAMBAR GRAFENA YG 10 KALI LEBIH KUAT DARI BAJA

sekelompok peneliti di massachusettsinstitute of technology,amerika serikat berhasil menghasilkan sebuah material baru yang 10 kali lebih kuat dari baja.meski lebih kuat,material ini juga jauh lebih ringan karna kepadatannya hanya 5%dari kepadatan baja.

Material baru ini memanfaatkan serpihan grafena,yang pada dasarnya memiliki bentuk lembaran yang sangat tipis.ia terbuat dari atom carbon,dan disusun dalam dua dimensi.

Namun saking tipisnya, Dr Markus Buehler, Kepala Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan MIT dan salah satu peneliti utama dalam proyek ini mengatakan, "Lembaran-lembaran itu tidak berguna untuk membuat bahan tiga dimensi yang dapat digunakan di kendaraan, bangunan, atau perangkat."
"Apa yang kami lakukan adalah mewujudkan angan-angan mentransformasikan material dua dimensi ini ke struktur tiga dimensi," ujar Dr Buehler lebih lanjut.

Untuk membuat material ini, tim peneliti mengompresi serpihan kecil graphene dengan menggunakan panas dan tekanan. Ini menghasilkan sebuah struktur kuat dan stabil yang menyerupai beberapa jenis karang dan alga kecil yang disebut diatom.

0 Response to "PENEMUAN GRAFENA YG 10 KALI LEBIH KUAT DARI BAJA"